SMP YPS Prabumulih, Lakukan Ujian Semesteran Secara Online.


Ketua YPS pantau pelaksanaan Evaluasi belajar siswa hari ke dua. (Foto: Eka/pp).

PRABUMULIH,JURNALEKSPRES.COM. --- Sekolah Menengah Pertama (SMP) YPS Prabumulih lakukan ujian semesteran secara online, yang diikuti oleh seluruh siswa SMP YPS. Mulai dari kelas 1 hingga kelas 3.

Ketua pelaksana, evaluasi belajar siswa semester ganjil SMP YPS, Elvira SPd mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan jadwal ujian seluruh siswa sebanyak 514, pihaknya menjadwalkan agenda EBE selama 12 hari, dengan menggunakan dua ruang laboratorium.

"Seluruh mata pelajaran (mapel), kita lakukan ujian secara online. Dengan jumlah siswa yang cukup banyak sehingga jadwal ujian lebih lama,"jelasnya.

    Para siswa saat mengikuti ujian secara online.

Selain itu, setelah mengikuti rangkaian ujian, para guru juga lebih mudah melakukan proses input dan pengalian jumlah nilai yang langsung keluar. "Sebenarnya guru juga mendapatkan kemudahan, karena langsung menerima jumlah nilai yang tinggal dimasukkan ke aplikasi e raport atau raport elektronik, sebelum dibagikan ke siswa,"tandasnya.

Sementara Kepala SMP YPS, A Fikri SPd mengatakan, dengan melaksanakan ujian semester secara online, dinilai lebih efektif. Karena bisa hemat biaya karena tidak banyak membutuhkan kertas.

"Satu mapel memakan waktu selama 60 menit. Para siswa memiliki waktu luang untuk menyelesaikan seluruh soal. Yang penting persiapkan diri untuk setiap mata pelajaran sesuai materi yang dipelajari selama 1 semester,"jelasnya.

Lebih jauh dia menyampaikan bahwa dalam satu hari, dengan jumlah dua ruangan membuat pelaksanaan ujian selesai sampai jam 15.15 WIB. "Hal ini dilakukan agar mereka terbiasa menggunakan komputer, karena pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sehingga bisa mengikuti perkembangan tekhnologi,"harapnya.(05)



Posting Komentar

0 Komentar