Bunga Desa Dinilai Gagal, Aspirasi Masyarakat Tidak Tersalurkan.



Semende,Jurnalekspres.com.-- Sejumlah masyarakat Desa Kota Agung, Muara Tenang dan Palak Tanah Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Kabupaten Muara Enim. Pada kegiatan Bupati Ngantor (Bunga) di Desa, Jum'at (20/3) mengaku kecewa karena forum tanya jawab yang digelar untuk menyerap aspirasi masyarakat berjalan terbatas tidak sesuai harapan.

Koordinator wilayah adat Semende, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Lingkungan, Pembangunan dan Transportasi (PELIPTA), Kurung mengatakan, sejumlah masyarakat berharap dapat menyampaikan aspirasinya pada kegiatan Bunga Desa sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dapat mengetahui apa yang diinginkan masyarakat

"Namun pada prakteknya, kesempatan penyampaian aspirasi tidak diberikan kepada forum masyarakat yang hadir tapi langsung di panggil oleh pembawa acara seolah menjadi bagian dari susunan acara, sehingga aspirasi dari masyarakat lainnya tidak tersampaikan," katanya.

Kurung menyatakan, kalaupun penyampaian aspirasi hanya diwakilkan pada 1 orang dengan pertimbangan efesiensi waktu, seharusnya pelaksana kegiatan mengakomodir terlebih dahulu sejumlah aspirasi dari masyarakat baru kemudian disampaikan kepada Pelaksana tugas (Plt) Bupati, sehingga aspirasi yang ada dapat tersalurkan.

Hal senada juga diungkapkan Tokoh masyarakat Desa Muara Tenang, Awanhar mengaku sangat kecewa dengan ditiadakannya forum tanya jawab pada kegiatan Bunga Desa banyak aspirasi masyarakat yang tidak tersampaikan.

Kepala Desa Kota Agung, M Aminuddin saat dikonfirmasi melalui ponselnya mengungkapkan, tidak terealisasinya forum tanya jawab pada kegiatan Bunga Desa dikarenakan tidak cukup, namun dirinya masih tetap membuka pintu lebar-lebar menerima aspirasi masyarakat di Kantor Pemerintah desa Kota Agung.

"Penyerapan aspirasi masyarakat pada kegiatan Bunga Desa hanya disampaikan oleh perwakilan masyarakat saja, jika ada aspirasi lain dari masyarakat ataupun proposal yang tidak tersampaikan melalui perwakilan sampaikan saja kepada Pemerintah desa dan kami siap menampung dan menyampaikannya kepada Plt Bupati," ungkapnya. (Novlis Heriansyah)

Posting Komentar

0 Komentar