PT. PNM ULaMM Prabumulih, Adakan Acara PKU Dan Temu Usaha Nasabah.


PT. PNM Cabang Palembang unit Prabumulih foto bersama para nasabah PNM ULaMM Prabumulih.

Prabumulih,Jurnalekspres.com.-- PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Palembang Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) Prabumulih mengadakan acara pembekalan dan pelatihan kepada nasabah, melalui program
Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) sekaligus temu usaha Nasabah Unit ULaMM Prabumulih, yang dilaksanakan di Rumah makan Lombok Ijo, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih. Kamis (12/3/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Pembicara Sri Suparni SE MSi menyampaikan bahwa untuk menjalankan usaha, seorang pelaku usaha hendaknya meyelaraskan dengan hobi.

"Yang kita suka itulah yang dijadikan usaha. Jalankan usaha sesuai hobi, sehingga dapat terus berjalan," jelasnya.

Dosen Yayasan Pendidikan Prabumulih ini mengatakan, dalam berbagai jenis usaha ada beberapa permasalah yang dihadapi. Diantaranya adalah masalah Sumberdaya (SDM), mulai dari lemahnya managerial, tidak banyak regenerasi, terbatasnya tenaga kerja, rendahnya produktivitas dan belum adanya asosiasi usaha atau koperasi.

"Pemilik usaha hendaknya harus menularkan usahanya kepada anak anaknya, jangan hanya tinggal menerima saja. Ajarkan anak-anak untuk berinovasi sebagai regenerasi agar usaha bisa berkembang dan terus bertumbuh," katanya.

Permasalahan lain yang sering dihadapi adalah masalah pemasaran. rendahnya deviriensiasi, terbatasnya media atau biaya promosi kemudian belum ada jaringan bisnis. "Kita sebagai pemilik usaha harus tanamkan niat dalam hati bahwa setiap melangkah adalah uang dan menghasilkan, manfaatkan setiap peluang sebagai media promosi untuk mendapatkan uang", kata wanita berkaca mata ini.

Mengenai pembukuan, dia berpesan agar pemilik usaha juga harus membuat pembukuan yang jelas. Karena cash flow adalah kejadian ekonomis yang menyebabkan perubahan dalam aset. "jangan sekali-kali gabungkan uang usaha dengan uang pribadi sehingga omset dapat dikontrol," tandasnya.

Diketahui kegiatan program pengembangan kapasitas usaha ini merupakan program rutin PNM ULaNM Prabumulih, kegiatan acara ini dihadiri oleh Lurah Muara Dua, Ali Syukri SH, Kepala kantor PNM ULaMM Prabumulih beserta jajaran, dan para nasabah unit ULaMM Prabumulih.

Pada kesempatan ini Bapak Edo Permadi selaku Kepala Kantor ULaMM Prabumulih menyampaikan bahwa PKU adalah program unik PNM ULaMM karena tidak hanya memberikan modal usaha, ULaMM juga memberikan pendampingan dan pelatihan usaha.

"Saya berharap semua nasabah dapat memanfaatkan kesempatan acara ini sebagai jembatan membangun relasi dan informasi tentunya bertujuan pada satu muara yaitu kemajuan ekonomi masyarakat. Acara ini adalah gratis dan memang diperuntukkan untuk segenap nasabah ULaMM dan kedepan akan dilakukan secara berkala setiap bulan," ungkapnya.(04)



Posting Komentar

0 Komentar