Acuhkan Himbauan Gubernur, Camat SDU Abaikan Ketersediaan Rumah Isolasi.



Muara Enim, Jurnalekspres.com. --- Pemerintah Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), sejak mulai didirikannya Posko Penanganan Covid 19 hingga kini belum menyediakan Rumah Isolasi sebagaimana instruksi Gubernur Sumatera selatan yang bertujuan pencegahan penyebaran Covid 19 lebih masif.

Camat SDU, Cholid Tri Aquarian S.Stp., Msi saat ditemui di kantor Camat SDU, mengakui pihak hingga kini belum memiliki Rumah Isolasi sebagaimana tertulis pada Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) No 08 tahun 2020.

"Pada dasarnya kami bukannya sengaja tidak menyediakan Rumah Isolasi untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP), namun ditengah ketakutan masyarakat akan penyebaran virus Covid 19 siapa yang bersedia menyerahkan kediamannya untuk dijadikan rumah isolasi," akunya.

Cholid Tri Aquarian menambahkan, mengingat ketakutan masyarakat terhadap rentannya penyebaran Covid 19 ini, pemilik rumah diyakini khawatir perlengkapan rumah tangga di kediamannya akan dihinggapi virus dan akan menular ke pemilik rumah dan keluarganya jika dijadikan rumah isolasi.

"Selain kemungkinan sulitnya mencari pemilik rumah yang bersedia kediamannya dijadikan rumah isolasi, para ODP yang sebagian besar berasal dari perantauan yang mudik seperti para pelajar dan pekerja diyakini tidak bersedia ditempatkan di rumah isolasi terpisah dengan sanak keluarganya," tambahnya.

Kepala Puskesmas SDU, Fitri Sujariah SST M.Kes saat dikonfirmasi mengakui, sejumlah ODP dari kalangan pelajar dan pekerja yang mudik sebanyak 9 orang dan terdata sejak 23 April hingga 7 Mei di isolasi mandiri di rumah kediaman orang tua masing-masing bukan di rumah isolasi.

"Penempatan isolasi pada OPD yang datang dari Daerah Jawa dan Lampung selain karena tidak adanya rumah isolasi juga karena keinginan para ODP untuk di isolasi di rumah orang tuanya masing-masing, kendati demikian pengawasan tetap dilakukan secara ketat oleh petugas melalui telepon," akunya.

Sebagaimana dikutip dari Sumeks.co Gubernur Sumsel Herman Deru, menghimbau seluruh Kepala Desa dan Lurah di Sumsel menyiapkan tempat isolasi bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di daerah masing-masing.

“Saya lihat memang sudah ada beberapa desa di Sumsel yang telah menyiapkan tempat isolasi, saya ingin memperluas ini supaya lebih masif dan diharapkan seluruh kepala desa dan tokoh menyiapkan tempat isolasi,” harap Herman Deru ketika dibincangi di Posko Sumsel Tanggap Covid-19 di Halaman Kantor Gubernur Sumsel, Minggu (5/4).

Menurut HD, percepatan dibuatnya OPD Center di desa masing-masing harus di dorong oleh peran aktif Kepala Desanya. Untuk itu, dia meminta Kepala Desa dan tokoh di desa tersebut supaya berperan aktif untuk mencegah penyebaran Virus Corona sampai ke desa masing-masing.

“Untuk tingkat provinsi kita sudah siapkan ODP Center atau Rumah Sehat Covid-19 di Wisma Atlet Jakabaring, disini bisa menampung ribuan orang,” lanjut HD. (Novlis Heriansyah)

Posting Komentar

0 Komentar