Camat SDL Lantik Serentak Anggota BPD 4 Desa.


Camat SDL Lantik serentak Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Muara Enim,Jurnalekspres.com.-- Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 4 Desa yakni Desa Pulau Panggung, Muara dua, Perapau dan Penyandingan, Rabu (6/5/2020) secara serentak dilantik Camat Semende Darat Laut (SDL) di ruang serbaguna Kantor Camat SDL melalui prosesi pengucapan sumpah jabatan.

Kegiatan pelantikan tersebut juga dihadiri Kapolsek Semende, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Kepala rumah Sakit (RS), Komandan Rayon Militer (Danramil), Kepala desa (Kades), serta tokoh masyarakat, Tokoh Agama di lingkungan Kecamatan SDL.

Camat SDL, Fauzi S. Sos saat memberikan kata sambutanya mengatakan, kepada para anggota BPD yang telah selesai dilantik agar segera dapat menjalankan Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) melakukan pengawasan terhadap segala bentuk kegiatan di desa.

"Berdasarkan perangkat hukum dan ketentuan perundang-undangan, BPD secara kelembagaan berhak membuat rancangan pembangunan di Desa masing-masing baik rancangan secara fisik maupun anggaran, Anggota BPD juga bertugas menindaklanjuti aspirasi masyarakat," katanya.

Fauzi juga mengungkapkan, Anggota BPD juga berhak mengawasi kinerja Kades serta memberi persetujuan terhadap berbagai bentuk laporan Kades sebagaimana yang diperintahkan ketentuan peraturan perundang-undangan, kerja sama BPD dengan Kades diharapkan dapat membawa kemajuan desa.

"Selain daripada itu, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi dan melaksanakan peraturan pemerintah dalam pencegahan virus Covid 19, tetap berada di rumah, jaga jarak jika berada di luar rumah, gunakan masker dan selalu mencuci tangan," ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga, Kapolsek Semende, Akp Feri Firdayanto SE mengharapkan, anggota BPD yang baru saja dilantik dapat memberikan masukan yang positif demi kepentingan masyarakat.

"Dengan adanya bantuan-bantuan dari pemerintah terkait Covid 19, adanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) , diharapkan kita sama-sama mengawasi, karena takutnya tidak tepat sasaran, jangan sampai yang mendapat itu tidak tepat pada sasaran. dan juga jangan sampai adanaya bantuan-bantuan tersebut ada yang dapat double," harapnya. (Hijas)

Posting Komentar

0 Komentar