Jamsostek Berikan Pelayanan Tanpa Kontak Fisik.


Kunjungan Kepala BP Jamsostek wilayah ke Kota Prabumulih, Kamis (02/07/2020).

Prabumulih,Jurnalekspress.com – Dalam rangka meminimalisir meluasnya penyebaran covid-19 di kalangan pekerja, khususnya di lingkungan unit kerjanya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Kota Prabumulih memfokuskan layanan klaim jaminan menjadi layanan online dan tanpa kontak fisik.

“Namanya Layanan Tanpa Kontak Fisik yang disingkat menjadi Lapak Asik, ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung pemerintah meminimalisir dan menghentikan penularan covid-19. Meski melalui dunia maya, namun semuanya dapat terlayani, tanpa harus melakukan pelayanan tatap muka atau kontak fisik,” kata Kepala Kantor Cabang Muara Enim Achmad Fadillah melalui Kepala Cabang Pembantu BP Jamsostek Prabumulih, Imiati, Kamis (02/04/2020).

Imiati juga mengatakan bahwa, urgensi pemberlakuan layanan online ini memang penting dilakukan, selain mempermudah peserta, tentunya hal ini berdampak pula pada perlambatan penyebaran virus covid-19 yang penanganannya sedang diupayakan pemerintah.

Dalam melakukan pelayanan klaim JHT, peserta dapat mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU atau langsung melalui situs resmi antrian online di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.
Setelah mendaftar, paling lambat H-1 peserta mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registras dapat menghubungi peserta melalui telepon atau email atau videocall.

Selain layanan klaim JHT, pengajuan klaim jaminan lainnya juga diberlakukan metode Lapak Asik. Formulir yang diisi peserta atau perusahaan dapat diletakkan ke dalam dropbox setelah kelengkapan dokumen telah dipenuhi.

“Peserta, petugas perusahaan, atau ahli waris dapat langsung mendatangi kantor cabang BP Jamsostek dengan membawa persyaratan yang ditentukan lalu memasukkan ke dalam dropbox yang disediakan,” terang dia.

Sementara Penatamadya pelayanan dan umum (PMPU) BP Jamsostek, Nyimas Dedek Anggraini menambahkan, saat mendatangi kantor cabang BP Jamsostek, semua pengunjung akan selalu diukur suhu tubuhnya dan diwajibkan menjaga kebersihan diri sebagai upaya mengurangi penyebaran Covid-19.

Selain itu, salah satu bentuk mitigasi BP Jamsostek dalam mengurangi interaksi langsung adalah dengan menempatkan dropbox di luar ruangan lalu semua dokumen yang diterima akan terlebih dahulu disemprot dengan desinfektan untuk kemudian bisa diserahkan kepada petugas di dalam ruangan.

“Dokumen di dalam dropbox akan diteruskan secara berkala kepada petugas back office untuk diproses lebih lanjut, meski begitu kami menjamin pelayanan yang kami berikan selalu sesuai dengan standar yang berlaku di BP Jamsostek. Hal terpenting saat ini adalah, kami mohon pengertian seluruh peserta yang mengakses layanan kami,” tambahnya. (04)

Posting Komentar

0 Komentar