Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR RI Kunker ke Kota Prabumulih

PRABUMULIH - Penjabat Walikota Prabumulih H. Elman, ST, MM menyambut dengan hangat kunjungan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Republik Indonesia ke Kota Prabumulih, Rabu (10/1/2024).

Kunjungan tersebut dalam rangka Pemasangan Peneng dan Baut Topping Off di lokasi pembangunan Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa (RITTA) yang berlokasi di Perumahan RITTA, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih. 

Turut hadir Staf Ahli Walikota Prabumulih, Seluruh Kepala OPD, Dinas Perkim Provinsi, Dinas PUPR Provinsi,Asisten II Provinsi,Pertamina Samtan Gas,Pertamina Rokan Hulu, Bank Sumsel Babel,Bank Syariah indonesia, Bank BTN,TNI, Polri.

Dalam program RITTA pihak pemerintah Kota Prabumulih menyiapkan tanah seluas 2 hektar untuk lokasi pembangunan sekitar 100 rumah tahan gempa yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF), hingga masyarakat.

Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementerian PUPR Fitrah Nur menyatakan, kolaborasi diperlukan dalam rangka menyatukan sumber daya guna mendukung terpenuhinya hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Melalui program RITTA, nantinya masyarakat sektor informal seperti pemulung, penyandang disabilitas, kuli panggul, tukang sol sepatu, dan tukang becak bisa memiliki hunian yang layak huni serta tahan gempa," ujar Fitrah.

Fitrah menghimbau untuk seluruh stakeholder bisa memberikan kontribusi dan dukungan sehingga kebutuhan hunian seluruh penerima manfaat dapat dituntaskan.

Penjabat Walikota Prabumulih, H. Elman, ST, MM menyambut dengan baik adanya Progam RITTA yang merupakan sebuah program baru yang nantinya akan diterapkan ke seluruh daerah di Indonesia. Kota Prabumulih dipilih menjadi kota pertama yang mencanangkan program RITTA karena bentuk keseriusan kami dalam mewujudkan rumah layak huni bagi MBR. 

"Kami berharap Program RITTA ini bisa berjalan dengan lancar di lapangan dan bisa menjadi percontohan bagi pemerintah daerah lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.(*)

Posting Komentar

0 Komentar