KPU Prabumulih Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT 2024

PRABUMULIH, – Pleno terbuka dalam rangka rekapitulasi dan penetapan DPT Pilgub dan Pilkada Prabumulih 2024, digelar KPU di Ballroom Favehotel, Kamis, 19 September 2024.

Kegiatan itu dibuka Ketua KPU Prabumulih, Marta Dinata SST bersama Ketua Bawaslu, Afan Oktrisma dan Perwakilan Polres juga Kejari. Hadir Sekretaris KPU Sumsel, Eko Iswantoro SSTP MM.

Setelah digelar rapat pleno terbuka melalui rekapitulasi, akhirnya ditetapkan DPT berjumlah 144.157 pemilih. Terdiri dari 73.195 pemilih perempuan, dan 70.962 pemilih laki-laki. Tersebar di 37 kelurahan/desa, dan 281 TPS.

Ketua KPU Prabumulih, Marta Dinata SST mengatakan, pleno terbuka, penting karena menjadi dasar seluruh tahapan penyelenggaran Pilgub dan Pilwako Prabumulih.

“Hari ini, KPU Prabumulih mengelar ralat pleno rekapitulasi dan penetapan DPT Pilgub dan Pilwako 2024. Menjadi pondasi, semuanya dalam penyelenggaraan Pilkada tahun ini,” ujar Marta, sapaan akrabnya.

Bebernya, pemuktahiran data sudah dilakukan sejak awal mulai dari kelurahan/desa, menjadi hingga DPS hingga akhirnya menjadi DPT.

“Guna menjadi DPT akurat, digunakan dalam Pilgub dan Pilwako Prabumulih 2024,” akunya sambil menyebutkan, kalau berharap kegiatan tersebut berjalan lancar dan aman.

Sekretaris KPU Propinsi Sumsel, Eko Ismantoro SSTP MM menjelaskan, kalau pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT ini merupakan proses panjang telah dilalui dalam penyelenggaraan Pilgub dan Pilkada Prabumulih 2024.

“Hari ini, telah kita nantikan. Sehingga, ke depan bisa dilakukan penetapan dan pengundian nomor urut paslon di Pilgub dan Pilkada Prabumulih secara serentak,” ucapnya.

Lanjutnya, DPT ini hasil pemuktahiran data sejak dari kelurahan/desa. Dan, ia mengapresiasi kerja keras semuanya hingga akhirnya bisa dilakukan pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan.

“Ini bagian dari menjalankan amanat MK No 135/2015. Harapannya, Pilgub dan Pilwako Prabumulih partisipasi pemilih di atas 95 persen,” ucapnya.

Staff Ahli Wako Prabumulih, Mulyadi Karoman SPd MSi berharap, pelaksanaan pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT ini bisa berjalan lancar dan sukses.

“Tingkatkan partisipasi pemilih, harapannya Pilkada 2024 terlaksana secara tenang. Edukasi masyarakat, guna memilih pemimpin terbaik di Prabumulih dan Sumsel,” pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar